Selamat Datang di Catatan Liar : theOne :-)

Rabu, 26 Oktober 2011

Kubu Babussalam; Kado Istimewa Masyarakat Kubu

Tulisan ini telah dimuat di Posmetro Rohil Selasa, 25 Oktober 2011


Oleh Abd. Muluk, peminat masalah sosial dan politik, asal kec. Kubu, Rokan Hilir. Sedang menulis tugas akhir di UMY, Jogjakarta.
Hampir tiga bulan terkahir saya tidak pernah menulis dan mengikuti perkembangan berita di Posmetro Rohil ini. Terutama setelah keberangkatan saya ke Jogjakarta pada akhir September yang lalu guna untuk melanjutkan studi. Namun demikian, sebagai putera daerah, saya merasa terpanggil untuk tetap dan setia mengikuti perkembangan yang ada di Rokan Hilir sana. Oleh karena itu, hampir bisa dipastikan setiap hari saya membuka beberapa situs dan website terkait Rokan Hilir, yang saya anggap selalu up to date (terkini) dan bisa dipercaya.
Jika tidak melalui cara ini, biasanya dalam satu minggu, minimal satu kali saya menghubungi teman atau kerabat lainnya, di samping menanyakan kabar pribadi juga menanyakan apa cerita terbaru yang ada di sana (Rokan Hilir; red). Dari cerita-cerita dan sumber-sumber itu kemudian, saya merasa seakan tetap berada di kampung halaman dan tetap menjadi bagian dari kampung halaman itu sendiri. Walaupun “seakan tetap berada di kampung halaman” (sesungguhnya tidak berada di sana), setidaknya melalui tulisan singkat ini saya tetap bisa berandil dan berkontribusi bagi Rokan Hilir. Dan ini hanya semata-mata sebagai tanggung jawab sosial bagi seorang insan akademis.
Pemekaran Wilayah 
Dari informasi yang didapatkan, salah satu cerita yang masih hangat di Rokan Hilir saat ini adalah masalah pemekaran wilayah kecamatan Kubu menjadi dua bagian. Pertama kecamatan Kubu itu sendiri (induk) dan kedua menjadi kecamatan Kubu Babussalam. Rancangan peraturan daerah (ranperda) ini sudah mendapatkan legitimasi (keabsahan) dari pemerintah kabupaten Rokan Hilir melalui sidang paripurna DPRD Rokan Hilir, tepat pada hari ulang tahun Rokan Hilir ke-12, Selasa, 04 Oktober 2011 yang lalu.
Terkait prihal itu, secara khusus bupati Rokan Hilir H. Anas Maamun menyebutkan bahwa “peringatan hari jadi kabupaten Rokan Hilir yang ke-12 merupakan makna dan sejarah tersendiri. Yakni sebagai kado istimewa untuk masyarakat kec. Kubu”. Apa kadonya? Ya Kubu Babussalam.
Bagi masyarakat Kubu, sudah jelas ini merupakan sesuatu yang istimewa. Mengingat usulan pemekaran ini sudah dimulai sejak 2002, berlanjut pada tahun 2005 dan bergulir sampai akhir 2011 ini, hingga disahkannya ranperda pemekaran tersebut oleh DPRD Rohil melalui sidang paripurna pada hari ulang tahun Rokan Hilir itu. Dan sidang paripurna itulah merupakan tahap akhir pembahasan ranperda pembentukan kec. Kubu Babussalam untuk disahkan dan ditetapkan menjadi peraturan daerah (perda).
Lalu, bagi yang terbersit dan dipercaya untuk memangku jabatan sebagai camat atau kepala desa, apa yang mesti dilakukan sejak dini? Akankah ini semata-mata menjadi lahan untuk meraih kekuasaan? Atau sebagai momentum untuk memperbaharui dan menerapkan ide-ide cemerlang demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat?
Jika berbicara dalam konteks politik, yang notabene bicara soal kepentingan, maka pemekaran merupakan kesempatan emas untuk semata-mata mendapatkan kekuasaan. Entah itu sebagai camat maupun sebagai kepala desa (datuk penghulu). Namun, jika politik diterjemahkan secara lebih positif, maka pemekaran ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan SDA dan SDM demi perbaikan taraf hidup masyarakat itu sendiri, melalui kebijakan upika dan perangkat desa-perangkat desa yang akan dibentuk.
Bagi masyarakat dan tokoh lintas disipilin; pendidikan, agama, politik, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan budaya, mari duduk bersama untuk mencapai tujuan pemekaran ini. Jangan ada istilah debat kusir, entah itu karena soal perbatasan atau hal-hal yang lainnya. Karena Kubu Babussalam adalah kado istimewa kita; masyarakat Kubu, sebagaimana ungkapan bupati yang saya tulis di atas tadi. Untuk itu mari saling mengapresiasi. Masyarakat, DPRD dan Pemerintah adalah kompenen tiga serangkai yang tidak bisa dipisahkan.***

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons