Selamat Datang di Catatan Liar : theOne :-)

Senin, 26 Juli 2010

Sekilas Tentang ”Sang Metamorfosa”

Judul : Sang Metamorfosa [Dari Catatan yang Hampir Usang]
Penulis : Abd. Muluk
Proof Reader : Angga Maulana
Penerbit : Modya Karya Press
Tahun : Juli 2010
ISBN : 978-602-96529-2-5

Sebenarnya buku ini hanyalah sebuah refleksi yang belum pantas untuk dijadikan sebuah buku. Karena aku percaya bahwa sistem penulisan, ejaan, tata bahasa sampai kepada substansi tulisan itu sendiri, masih banyak kekurangan dan kekurangan. Namun demikian, aku meyakini bahwa karya-karya besar orang terdahulu, juga berangkat dari karya-karya mereka yang terkecil. Begitu juga harapanku terhadap karya kecil ini. Walaupun masih terdapat kekurangan-kekurangan, semoga menjadi titik awal bagi sebuah karya yang besar.

Tulisan-tulisan yang terkandung di dalamnya, mempunyai judul yang tidak berkaitan satu sama lain. Karena tulisan tersebut tercipta sesuai dengan resep Helvy Tiana Rossa dan penulis-penulis beken lainnya. Yaitu, menulis tentang apa saja. Mungkin tentang keluarga, politik, pendidikan, bencana, dunia kampus, cita-cita, dan lain-lain sebagainya. Karena sebagai pemula, menurut para penulis fenomenal yang lain, seperti Habiburrahman El Shirazy dan Mohammad Fauzil Adhim, mulailah menulis tentang hal-hal yang terdekat denganmu. Tentang apa yang kamu lihat, kamu dengar, kamu rasa dan kamu nikmati. Pokoknya tulis saja. Dengan demikian kebiasan itu akan menjadi bagian dalam kehidupanmu, katanya.


Namun, secara garis besar buku kecil ini bercerita sekilas tentang; Impian dan semangat bercita-cita, sekilas tentang dunia baca membaca, pengalaman menulis dan semangat ingin bisa menulis, beberapa artikel tentang pendidikan dan tulisan lepas lainnya yang bersifat kontekstual.

Jadi, buku ini tidak mempunyai genre khusus. Bukan novel, bukan sastra, bukan memoar dan lain-lain. Namun, aku lebih senang menyebutnya diary motivasi. Sebutan itulah rasanya yang agak pantas menamai genre buku ini (entah ada genre ini entah tidak.hehe…)

Ini cuma sekilas tentang Sang Metamorfosa. Harapan terbesarku adalah ketika anda sudah membaca buku ini, anda akan melahirkan karya yang besar. Tidak hanya sebatas diary seperti ini. Dan aku yakin anda pasti bisa dan jauh lebih kompeten dalam dunia tulis menulis.

Insya Allah, buku ini bisa membantu anda untuk melahirkan inspirasi dan semangat baru. Tidak hanya berkarya dalam bentuk tulisan. Namun lebih dari itu, berkarya sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Karena jika hanya berkarya dengan tulisan, semestinya sudah menjadi tuntutan zaman dan tuntutan akademis. Begicu…!!!

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.[*]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons